Kedatangan Obama, Mengapa Harus Heboh?Kedatangan Obama, Mengapa Harus Heboh?

Kedatangan Obama, Mengapa Harus Heboh?Kedatangan Obama, Mengapa Harus Heboh? PDF Cetak E-mail

Ditulis Oleh Wiyanto, S.Pd
24-03-2010,
Berita kedatangan Obama ke Indonesia yang direncanakan pada minggu ketiga bulan Maret sempat menghebohkan bangsa Indonesia. Persiapan pengamanan, akomodasi hotel dan lain sebagainya semuanya sudah siap sedia. Pembatalan kunjungan pun ditanggapi masyarakat kita dengan tak kalah hebohnya.
Persiapan yang sudah matang sepertinya harus dimulai dari awal lagi, banyak yang kecewa pastinya. Terkhusus lagi SD Menteng 01 Jakarta yang dulu pernah dijadikan sebagai tempat menempuh pendidikan selama 4 tahun ketika Obama hidup di Indonesia. Sebuah kekecewaan pastinya sebab persiapan sudah matang namun yang diharapkan kedatangannya menunda kedatangannya hingga bulan Juni nanti.

Kedatangan Obama ditunda lagi, itulah berita yang kita dengar dan lihat dari media-media di negeri ini. Alasan utamanya bukan karena aksi terorisme yang terjadi di Indonesia akan tetapi karena pemerintah AS baru berkonsentrasi untuk mengegolkan UU tentang asuransi kesehatan bagi masyarakatnya yang saat ini masih ditolak oleh dua partai politik disana yaitu Partai Demokrat dan Partai Republik. Mengapa kedatangan Obama ini harus heboh?

Sebelum kedatangan Obama ke Indonesia benar-benar terwujud, banyak pihak di negeri ini yang menentang kehadirannya. Demontrasi digelar oleh organisasi-organisasi Islam, sebagai contoh Histbut Tahrir Indonesia yang sangat getol menghadang kedatangan orang nomor satu di AS ini. Alasan utamanya jelas, Obama dianggap sebagai perwakilan dari negara yang tidak pernah konsisten dengan HAM, AS sebagai negara yang new-kapitalis dan AS sebagai negara yang memusuhi Islam.

Sementara banyak pihak pula yang menganggap kedatangannya ke Indonesia adalah sesuatu yang wajar dalam dunia politik internasional. Diskusi-diskusi tentang kedatangan Obama ini pun tidak pernah sepi dari berbagai media baik televisi maupun media cetak hampir di seluruh Indonesia. Indonesia Heboh karena Obama, begitulah kira-kira yang terjadi saat ini di Indonesia.

Tamu Istimewa
Obama adalah tamu Istimewa bagi bangsa Indonesia, begitulah kira-kira yang ada dalam pikiran pemerintah Indonesia. Selain karena alasan Obama pernah hidup selama empat tahun di RI tentu ada alasan lain yang menjadikan Obama ini begitu istimewa bagi Indonesia. Salah satu alasan itu adalah karena Obama adalah pemimpin dari satu negara yang memiliki peran pokok di dunia yaitu Amerika Serikat. Banyak harapan yang gantungkan oleh Indonesia kepada Obama ini. Dengan kehadirannya nanti, tentu pemerintah sudah menyiapkan draf-dratf kerjasama RI-AS yang baru, yang tentu saja bisa meningkatkan derajat dan kedudukan RI di dunia Internasional. Begitulah kira-kira yang akan terjadi.

Terlepas kita setuju atau tidak setuju dengan kehadiran Obama di Indonesia, satu hal yang pasti Obama adalah tamu negara, yang boleh dikatakan sama dengan presiden-presiden lainnya dari negara manapun di dunia ini. Seorang tamu yang harus diterima sebagaimana layaknya tamu.

Semoga kedatangan Obama di Indonesia tidak membuat negara ini heboh hanya karena kedatangannya saja akan tetapi lebih kepada kehebohan tentang kebijakan apa yang nanti akan diambil dalam kunjungannya ke Indonesia ini. Bila tidak ada hasil atau substansi dari kedatangannya ini maka sama saja bagi Indonesia. Akan tetapi bila kedatangannya ini bisa membawa perubahan bagi kehidupan rakyat Indonesia maka pantas kita menyebut Obama benar-benar sebagai orang ISTIMEWA.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Free Blog Templates

Dengan dibuatnya blog ini diharapkan yang membuka blog ini dapat mendapatkan manfaat yang dikandung.
Powered By Blogger

Blog Tricks

Powered By Blogger
Powered By Blogger
© Grunge Theme Copyright by Mengenai Mesin Perkakas | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks